Kopiitudashat's Blog

September 2, 2011

Koridor

Filed under: Uncategorized — kopiitudashat @ 10:08 pm

Konsep ini terdengar sangat menakutkan. Sepi. Gelap. Panjang dan berliku. Kadang kita hanya bisa menebak-nebak dimana ujungnya. Kadang orang yang buta arah, seperti saya, hanya bisa berputar dan terus berputar dijalan yang sama tanpa tahu tujuan akhir.


Aku dan kamu terpisah oleh sebuah koridor. Koridor pembatas yang tegas dan jelas. Ia memisahkan dua ruang yang seolah menempel, seolah beriringan. Ia membuat jarak untuk mengingatkan bahwa kita berbeda. Kita seolah bersama. Kita seolah satu. Bagaimanapun terlihat, kita hanya sebatas ‘seolah’. Tidak nyata dan tidak dapat dibantah. aku dan kamu memang dibatasi. Aku dan kamu. Bukan kita.

Koridor ini sebenarnya sangat sederhana. Aku dan kamu hanya perlu berdiri di kedua ujungnya. Saling menyapa namun tak mendekat. Saling tertawa namun tak berkata. Hanya perlu memastikan bahwa aku, kamu, memang ada dan bukan untuk bersama. Tak perlu diperumit. Tak perlu memutar tuk sekedar menghindar, tak perlu sejuta cara untuk merusak batas itu. Batas itu memang ada. dan kita ada diantaranya.

Namun bagaimana kalau aku mulai mengagumi koridor ini? bagaimana kalau aku memilih untuk menamai koridor ini sebagai penghubung, bukan batas. Penghubung, ya, aku mulai menyukai nama ini. ia memang ada dan aku tidak membantahnya. tapi mengapa tidak kalian lepaskan ego itu dan melihat lagi dengan jelas? Ia hanya sebuah jalan. Apapun namanya –koridor, lorong, channel-terowongan- ia hanya sebuah jalan biasa. Jalan yang membantu kita untuk berpindah. Dari satu ruang ke ruang lainnya. Berusaha menyelami siapa yang ada di sana. Siapa yang pernah singgah, siapa yang telah pergi dan siapa yang akan terus di sana. Aku bisa bebas mempelajari setiap inci duniamu, dan kembali ke duniaku kapanpun aku mau.

Aku mau koridorku. Dan aku mau kamu.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

