Kopiitudashat's Blog

June 6, 2011

Long Journey to ODP Mandiri

Filed under: Uncategorized — kopiitudashat @ 7:27 am

EPISODE : TES DAN PERNAK-PERNIKNYA

Menjadi sarjana itu membahagiakan. Apalagi menjadi Sarjana Cumlaude dengan prestasi akademik yang membanggakan, dijamin minggu-minggu pertama setelah wisuda adalah saat-saat yang paling berbunga-bunga. But life’s must go on. Selesai dengan skripsi, (mantan) mahasiswa dihadapkan dengan realitas hidup dan (susahnya) berburu pekerjaan. Kecuali bagi mereka-mereka yang memiliki jiwa wirausaha dan bekal untuk usahanya itu.

Bagi sebagian orang, Manajemen Trainee menjadi opsi yang dinilai paling mudah dan menjanjikan karena dalam manajemen trainee, anda akan mendapatkan pelatihan khusus selama waktu yang ditetapkan dengan tetap mendapatkan uang saku selama pelatihan itu. Selesai pelatihan, anda akan ditempatkan di bagian-bagian tertentu sesuai dengan hasil penilaian selama pelatihan. Penempatan ini setaraf dengan posisi junior supervisor yang biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk proses perekrutan biasa. Karena itulah peminat manajemen trainee ini sangat besar tiap tahunnya. Tiap perusahaan memiliki nama tersendiri untuk proses manajemen trainee nya seperti OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM (ODP) untuk PT Mandiri Tbk dan PPS untuk Bank BRI.

Pra tes: Tes Administrasi
Di sini para applicant akan diseleksi menurut kelengkapan informasi dalam formulir pendaftaran. Tahapan ini tidak perlu persiapan apapun karena yang dilihat hanya basic information seperti apakah seseorang pernah mengikuti OPD Mandiri serupa, dan hal-hal lain yang serupa. Untuk Job fair yang diadakan di Universitas-Universitas, biasanya pengumuman tes administrasi sudah bisa dilihat pada sore harinya.

Tahap I: Walk in Interview
Tahap pertama ini biasanya tahapan yang bikin sport jantung karena peserta akan melakukan interview dalam bahasa Inggris dengan examiner. Satu kelompok terdiri dari 5 orang berdasarkan urutan kedatangan saat wawancara, jadi saya sarankan datanglah sepagi mungkin walaupun anda mendapatkan giliran siang, kalau tidak mau seperti saya dan teman-teman lain yang harus menunggu hingga Maghrib untuk mendapatkan giliran wawancara karena dengan lugunya kami datang pukul 13.00 sesuai dengan undangan awal. Pertanyaan yang diajukan seputar istilah-istilah dasar dalam ekonomi dan perbankan, seperti definisi bank, inflasi, SUN, dll. Yang penting, percaya diri dan jawab sebisanya. Tidak usah memikirkan grammar apalagi benar-tidaknya jawaban. Just be confident and do your best ^,^. 10 menit setelah wawancara, kita sudah mendapatkan hasil lolos atau tidaknya ke tahap selanjutnya.

Tahap II: TOEFL
Tes TOEFL dilaksanakan satu hari setelah Walk in Interview. Nothing special in this phase, just an ordinary TOEFL test. Tapi ada beberapa model kriteria kelulusan. Untuk ODP-ODP sebelumnya, Mandiri menetapkan passing grade di level tertentu sehingga siapapun yang melewati nilai itu bisa lolos ke tahap selanjutnya. Tapi untuk ODP 87 ke bawah, sepertinya kelulusan diambil berdasarkan kuota, jadi misal kuotaanya 50 berarti 50 nilai tertinggilah yang masuk ke tahapan selanjutnya.

Tahap III: Aptitude Test
Satu minggu setelah TOEFL, peserta akan mengikuti tes yang paling rumit dan melelahkan dari semua tes yang ada ^,^. Untungnya tes ini diadakan dalam bahasa Indonesia, jadi lebih membantu. Tes ini meliputi 3 subjek –verbal, numerik dan tes psikologi-. Saya sarankan untuk latihan dulu dengan tes-tes aptitude yang tersedia gratis secara online karena tes ini sedikit tricky, apalagi yang belum terbiasa dengan tes jenis ini.

Tahap IV: Leaderless Group Discussion (LGD)
Sekitar dua minggu, pengumuman untuk siapa saja yang berhak mengikuti LGD pun keluar. Dalam LGD, peserta akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang beranggotakan 7-8 orang. Tiap kelompok akan diberikan studi kasus dan diharuskan sudah mempunyai alternatif solusi yang disepakati hingga waktu yang ditentukan, sekitar 70 menit. Yang penting, berbicara secara cerdas dan tenang. Jangan mendominasi dan berikan kesempatan untuk si pasif agar bicara. Yang dinilai bukan hanya bagaimana menemukan solusi kreatif dalam waktu singkat tapi juga bagaimana sikap kita saat berbicara dan berdiskusi. Usahakan ide kita dibahas saat forum, karena itu berarti kita dapat mempengaruhi orang lain.

Tahap V: Tes Kesehatan
Dalam tahap ini, all I can say is just pray and give the rest to God. Hehehe. Karena tidak ada yang perlu kita usahakan dalam tahapan ini, hanya membawa badan yang sehat untuk melakukan check up. Med-check ini benar-benar menyeluruh meliputi tes urin, USG, Torax, darah, BCG, jantung, mata, audio, gigi, dan fisik (TB-BB-dll). Asal tidak mempunyai kelainan tertentu atau penyakit yang berat seperti Kanker dan Diabetes, jika sudah sampai ke tahapan ini, berarti sudah bisa dipastikan anda 90% diterima, kok.

Tahap VI: BOD Interview
Semakin dekat ke pelantikan. Interview tingkat akhir ini dilaksanakan di Jakarta dengan melibatkan direksi atau pejabat setingkat di bawah Dirut. So, be smart and show your enthusiasm to work in Mandiri Bank. Pertanyaan yang diajukan biasanya seputar personal dan sedikit studi kasus yang berkaitan dengan Perbankan.

Selesai 6 tahapan di atas, tinggal berdoa dan menunggu 2-3 hari, dan voila!! Anda akan mendapatkan panggilan untuk menandatangani Offering Letter (OL) dan membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Biasanya kelas akan dimulai sekitar satu minggu dari waktu OL, jadi untuk yang malas pulang-pergi jauh2, sebaiknya saat BOD Interview sudah membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk hidup selama 6 bulan di Jakarta.

Tiap-tiap manajemen trainee setiap perusahaan mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing, terutama dari segi fasilitas, uang saku dan keuntungan yang didapat setelah pengangkatan. Jadi cermatlah memilih dan terus berusaha!! ^,^

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: